Welcome to My Blog! Don't Forget to Have Fun

Jumat, 06 Juli 2018

Resume Pancasila Sebagai Identitas Nasional

Pancasila dibuat berdasarkan tutur budaya masyarakat sendiri.
Arti dari pancasila itu menggambarkan identitas bangsa Indonesia karena itu merupakan kultur kebudayaan bangsa Indonesia.

 Berikut penjelasan dari sila ke 1 dan ke 5 dari pancasila :

1. Ketuhanan yang Maha Esa.
Sila yang pertama ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia meyakini bahwa tuhan itu satu, atau bisa dibilang bahwa bangsa Indonesia beragama. Di Indonesia terdapat bermacam-macam agama. meskipun begitu, masyarakatnya dapat hidup berdampingan dengan damai. Dari sila ini, didapatkan nilai toleransi.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
Sila ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia mengakui dan menghargai persamaan hak dari setiap individu dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
3. Persatuan Indonesia
Sila ini menyatakan bahwa bangsa Indonesia mengedapankan sikap persatuan, kesatuan dan gotong royong dalam mengatasi suatu masalah.
4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan
Sila ini menyatakan bahwa untuk menyelesaikan suatu masalah, bangsa indonesia mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama
5.Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Sila ini menyatakan bahwa bangsa indonesia menjunjung tinggi keadilan bagi seluruh orang.

Pancasila merupakan sesuatu yang sangat penting. Selain sebagai pedoman untuk hidup, pancasila juga berperan sebagai identitas nasional. Dengan memahami isi dari pancasila , kita diharapkan memahami isi dari pancasila itu sendiri sebagai identitas negara untuk mewujudkan persatuan bangsa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar