Welcome to My Blog! Don't Forget to Have Fun

Jumat, 06 Juli 2018

Resume Game Kepemimpinan

Di dalam game ini, kelas dibagi menjadi 6 kelompok yang beranggotakan 5-6 orang. Setiap kelompok di perintahkan untuk menunjuk salah satu ketua diantara mereka dengan menggunakan cara tertentu. di kelompok kami, kami memilih ketua kelompok dengan cara voting sambil menutup mata. Setiap orang dalam anggota kelompok kami akan bertanya untuk mencalonkan dirinya menjadi ketua kelompok dan selain orang tersebut harus menutup mata. Orang yang menutup mata akan mengankat tangannya jika setuju dengan pencalonan seseorang sebagai ketua kelompok. Lalu, orang yang mencalonkan diri tersebut menghitung berapa banyak orang yang setuju jika dirinya menjadi ketua kelompok. Orang yang memiliki suara terbanyak akan menjadi ketua kelompok.


 Dari game tersebut, didapatkan pelajaran bahwa menjadi pemimpin bukanlah merupakan hal yang mudah. Ada tanggung jawab yang harus dipenuhi dan ada konsekuensi yang harus diterima setiap suatu keputusan diambil. Seorang pemimpin harus mengetahui kepentingan-kepentingan yang harus didahului dan mampu menetapkan skala prioritas. 

Menjadi pemimpin adalah sebuah panggilan dan harus peduli terhadap hal yang ia pimpin. Maka itu, tidak mudah dalam mencari seorang pemimpin. Kebanyakan dari kita malah lebih mementingkan kepentingan pribadi dibandikan kepentingan kelompok. Selain itu,menjadi pemimpin harus mempunyai inisiatif untuk bertindak dalam situasi yang sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar