Welcome to My Blog! Don't Forget to Have Fun

Jumat, 06 Juli 2018

Resume Games Demokrasi


Dalam permainan demokrasi ini dipilih tiga calon untuk memimpin sebuah kelas. 3 calon tersebut diantaranya 2 calon pemimpin laki-laki dan 1 calon pemimpin perempuan.
Nama dari ketiga calon pemimpin tersebut adalah:
  1. Ariq Adiwidya
  2. Saya
  3. Raisha Putri Mellisa
 
  • Memilih salah satu dari kami tanpa mengenali visi dan misi kami. Kami hanya memperkenalkan diri saja bahwa kami harus dipilih atau divoting tanpa mengenali lebih dalam identitas sebagai pemimpin. Hanya menilai dari segi penampilan saja.
  • Hasilnya berupa voting yang menyatakan bahwa Ariq lebih unggul dikarenakan dalam penampilan Ariq terlihat lebih tegas dan gagah untuk dijadikan seorang pemimpin.
  • Sementara itu, saya terlihat biasa saja dari segi penampilan dan tidak menunjukkan bahwa saya layak menjadi seorang pemimpin
  • Sedangkan, Raisha adalah seorang perempuan banyak yang tidak memilihnya dikarenakan ia seorang perempuan yang seharusnya tidak menjadi seorang pemimpin
  • Kami sebagai calon pemimpin mengajukan visi dan misi kami untuk menjadi seorang pemimpin dan rakyat kelas wajib memilih salah satu dari kami.
  • Hasilnya berupa voting yang menyatakan bahwa saya lebih unggul dikarenakan visi dan misi saya sangat jelas ingin merangkul dan membimbing rakyat kelas serta memiliki rasa rela berkorban untuk masa depan kelas nantinya.
  • Sedangkan visi dan misi Ariq belum jelas ia masih terlihat bingung dengan visi dan misi, hal ini menyebabkan rakyat kelas tidak percaya untuk memilih Ariq.
  • Kemudian, Raisha yang satu-satunya calon pemimpin perempuan memiliki visi dan misi yang jelas dan semangat berjuang untuk memimpin sebuah kelas yang harus ia tata dengan benar. Namun, rakyat kelas masih berpikir ia adalah seorang perempuan tidak cocok dijadikan pemimpin kelas
  • Indonesia adalah negara yang ingin pemimpinnya muslim. Dan harus sesuai dengan pedoman Islam yaitu Al-Quran
  • Kami sebagai calon pemimpin memiliki agama Islam. Namun dari ketiga kami terdapat perbedaan.
  • Hasilnya berupa voting yang menyatakan Raisha lebih unggul dikarenakan Raisha harus tepat dalam mengambil keputusan. Negara kita Indonesia menganut Pancasila sesuai sila ke-1. Walaupun berbeda-beda, Raisha harus seimbang dalam mengambil keputusan sesuai dengan hukum yang berlak dan tidak membedakan agama lainnya. Intinya, Raisha memiliki rasa menghargai semua agama tanpa mengolokkan satu sama lain untuk memgambil keputusan.
  • Sementara itu, saya tidak mementingkan agama baik itu Islam ataupun agama lainnya. Baginya politik tidak harus didasari hukum agama. Walaupun saya beragama Islam. Saya mengambil keputusan dengan cara akal sehat saja.
  • Kemudian, Ariq hanya mementingkan agama Islam saja. Baginya keputusan hukum syariatlah nomor satu dan tidak dapat diganggu gugat. Namun, Indonesia adalah penganut Pancasila sila ke-1 Ketuhanan Yang Maha Esa, yang artinya agama di Indonesia tidaklah Islam saja.
Kesimpulan:
Indonesia adalah negara yang menginginkan pemimpinnya muslim dikarenakan mayoritas negaranya adalah muslim. Jadi memilih pemimpin tidak hanya dilihat dari visi-misinya saja namun dilihat juga dari agamanya. Walaupun visi misi saya jelas, tapi dalam segi agama saya tidak mementingkannya, maka saya tidak terpilih menjadi pemimpin kelas. Kemudian ditunjukkannya seorang pemimpin yang layak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar